Lagi, 12 Pelanggar Terjaring Razia Masker di Kecamatan Sawan

79
Razia tertib masker di depan Kantor Camat Sawan (ist).

SAWAN, radardewata.com — Sebanyak 12 pelanggar terjaring razia masker digelar petugas gabungan terdiri dari Satpol PP Kabupaten Buleleng, Polres Buleleng, Kodim 1609 Buleleng, Dishub Buleleng di Jalan Raya Sangsit persisnya di depan Kantor Camat Sawan, Desa Sangsit, Kamis (10/9) pagi.

Kasat Pol PP Buleleng, Putu Artawan mengungkapkan, razia masker dilaksanakan merujuk Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 46 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, sehingga diterbitkanlah Perbup Nomor 41 Tahun 2020 ini.

Nah, dengan adanya Perbup Nomor 41 Buleleng ini, diharapkan dapat menggugah kesadaran dan kedisiplinan masyarakat Buleleng.

Kasat Artawan merinci, dari 12 pelanggar tersebut, tujuh (7) diantaranya membayar denda langsung sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan, 5 (lima) pelanggar lainnya menyatakan tidak mampu membayar denda itu, dan mereka pun diberikan surat pernyataan.

“Khusus 5 pelanggar tidak membayar denda, sementara e-KTPnya kami amankan, dan mereka menandatangi surat pernyataan,” terang Kasat Artawan ketika dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (10/9) sore.

Kelima pelanggar sebut Kasat Artawan, diberikan kelonggaran waktu selama 10 hari untuk mengambil kembali e-KTPnya di Kantor Satpol PP Buleleng.

“Nah, jika kelima pelanggar memang tidak mampu membayar denda itu (masyarakat berpenghasilan rendah), silahkan membawa surat pernyataan ke kantor Kelurahan atau Desa dan minta surat keterangan memang benar tidak mampu membayar denda kepada Lurah atau Perbekel (Kepala Desa) masing-masing. Ya, kalau sudah pegang surat dari Lurah atau Perbekel, silahkan ambil kembali e-KTPnya ke kantor,” tegasnya.